Sejarah Outbound

Mungkin banyak di antara kita yang bertanya – tanya Sejarah Outbound mengingat akhir – akhir ini, kita seringkali mendengar istilah outbound, team building, rafting, paintball, character building, dan sebagainya. Padahal di jaman dahulu, paling kita hanya mengenal istilah jalan-jalan, tour, gathering, atau untuk anak sekolah ada kegiatan study tour. Sebenarnya, outbound itu makhluk apa atau kegiatan yang bagaimana?

Outbound

Sebenarnya, cikal bakal aktivitias outbound sudah ada jauh sebelum industri modern melanda eropa. Tepatnya pada tahun 1821. Adalah Round Hill School yang mengadakan pelatihan di alam terbuka sebagai bagian dari personal development (pengembangan diri) dan team develompemnt (pengembangan tim). Namun saat itu belum dikenal istilah outbound.

Istilah Outbound pada mulanya dikenalkan oleh Dr. Kurt Hahn, seorang ilmuwan asal Jerman pada tahun 1941. Outbound sendiri adalah kependekan dari istilah Outward Bound, yang berasal dari kata out of boundaries, yakni untuk menandakan saat sebuah kapal keluar dari dermaga. Sampai sini Anda mungkin bingung, apa hubungannya kapal yang keluar dari dermaga dengan kegiatan outbound?

Pada tahun 1933, Dr. Kurt Hahn melarikan diri dari Jerman karena berseberangan politik dengan Hitler yang berkuasa di Jerman saat itu. Pelariannya ini dibantu oleh pengusaha kapal bernama Lawrence Holt.

Selanjutnya, pada tahun 1941 Dr. Kurt Hahn mendirikan sekolah outward bound tepatnya di Aberdovey, Wales. Sekolah atau pelatihan yang ia ciptakan ini bertujuan untuk melatih fisik dan mental para pelaut muda guna menghadapi ganasnya pelayaran di lautan Atlantik pada masa itu, dikarenakan Inggris ikut terlibat dalam Perang Dunia II. Inilah kaitannya kegiatan outward bound atau outbound dengan dunia perkapalan/kelautan.

Kegiatan outbound pada awalnya ini memakai kegiatan mendaki gunung dan petualangan di laut sebagai media pelatihannya. Dr. Kurt Hahn menganggap bahwa kegiatan berpetualang bukan merupakan kegiatan main-main melainkan sebagai wahana berlatih anak-anak muda untuk ajang menuju kedewasaan.

Dengan menggunakan metode, media dan pendekatan yang dilakukan oleh sekolah Outward Bound, banyak ahli pendidikan yang mengklasifikasikan bentuk pelatihan yang diajarkan Dr. Hahn sebagai adventure education atau Experiental Learning (EL). Setelah berakhirnya Perang Dunia II, metode pelatihan ini berkembang pesat dan mulai ditiru di banyak tempat bahkan sampai keluar wilayah Eropa.

Outbound masuk ke Indonesia sekitar tahun 1990 dengan nama Outward Bound Indonesia. Dan di masa kini kegiatan outbound tidak hanya diterapkan untuk kalangan pelaut dan militer saja, namun juga telah meluas lagi ke berbagai kalangan, baik perusahaan, profesional, LSM, lembaga pendidikan, dan lainnya.

Outbound Team Building

Perkembangan outbound begitu pesat. Tak heran, muncul beragam permainan dan istilah-istilah lain seperti outing, gathering, team building, dan lain sebagainya. Kegiatannya sendiri ada yang bersifat low impact seperti permainan team building, ada pula yang bersifat high impact seperti rafting (arung jeram), paintball, high rope, flying fox dan lain sebagainya.

Harga Paket Outbound

Incoming search terms:

  • sejarah outbound
  • sejarah outbond
  • sejarah outdond kids
  • definisi dan sejarah outbond
  • sejarah permainan out bound
  • sejarah outwardbound
  • sejarah outbounf
  • sejarah outbon
  • Sejarah Out bound
  • sejarah out bond

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *