Ramai Isu Kewarganegaraan ex Menteri dan Paskibraka

Menteri ESDM Archandra Tahar--RAKA DENNY/JAWAPOSBelum reda isu kewarganegaraan ganda, Archandra, ex menteri ESDM kejatuhan lagi isu yang jauh lebih tak enak. Beliau dikabarkan tidak memiliki kewarganegaran sama sekali. Seolah-olah beliau ini dari planet lain.

Isu merebak sejak publik mengetahui Archandra memiliki status kewarganegaraan Amerika Serikat sekaligus kewarganegaraan Indonesia. Publik geger karena bahwasanya syarat untuk menjadi menteri yaitu harus seorang Warga Negara Indonesia. Dan peraturan di negara ini, seorang WNI akan kehilangan statusnya jika menjadi warga negara lain. Di sisi lain dalam peraturan di Amerika Serikat, seorang warga Negara AS akan kehilangan kewarganegaraannya jika menerima jabatan pemerintahan di negara lain.

Mungkin jika Archandra tidak menerima jabatan yang diberikan pak Jokowi, beliau tidak akan tersangkut persoalan ini. Bak nasi sudah menjadi bubur dan tidak bisa diberikan pelengkap apapun agar lebih enak, beliau harus menyelesaikan persoalan besar ini.

8810f368-f2ca-4071-b7d9-94fba7570252Persoalan kewarganegaraan dianggap penting karena itu sudah menjadi peraturan baku jika ingin memangku jabatan di pemerintahan . Belum selesai isu kewarganegaraan Archandra, isu ini juga menimpa calon paskibraka, Gloria. Kabarnya Gloria memiliki kewarganegaraan Prancis, meskipun isu tersebut belum mendapat klarifikasi resmi dari TNI.

Gloria memiliki ayah seorang WNA meskipun dia besar di Depok. Hanya saja isu ini sudah berdampak pada Gloria, pengukuhannya sebagai paskibraka di Istana ditunda sampai persoalannya selesai.

Berkaitan dengan kasus Archandra dan Gloria, sudah harus menjadi perhatian kepada penyeleksi agar lebih ketat dan jeli. Jangan malah seperti pemberi harapan palsu kepada warganya sendiri. Semoga hal tersebut tidak terulang lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *