September 1, 2014

Sungai Citatih Sukabumi

Rafting di Sungai Citatih Sukabumi, lokasinya berada di selatan Kabupaten Sukabumi (Jawa Barat). Lebih tepatnya ada di Jalan Raya Pelabuhan Ratu. Akses termudah untuk menuju ke sana bisa melalui Cibadak. Dari arah Jakarta, kita bisa belok kanan ke arah Pelabuhan Ratu. Sebaliknya, dari arah Sukabumi kota, kita bisa belok kiri ke arah Pelabuhan Ratu. Ikuti jalan saja sambil menikmati pemandangan alam di sisi kiri dan kanan jalan. Bagi Anda yang gemar fotografi, siapkan kamera Anda untuk menangkap pemandangan landscape yang cukup menggoda untuk diabadikan.

Tidak seperti Sungai Citarik yang tidak bisa dilalui dengan bus besar (Seat 44, 47, 54, 57 dan 59), Sungai Citatih bisa dilalui dengan bus besar. Hanya saja ada retribusi daerah (sekitar 5 ribu rupiah / bus) untuk menuju ke sana. Seleksi mobil besar dan mobil kecil berupa tugu yang mana untuk bus besar mesti memutari tugu dengan cara belok ke kiri. Di sinilah retribusi bus besar dikenakan.

Track Distance
Track Sungai Citatih memiliki total panjang 21 km. Dari 21 km ini dibagi lagi menjadi dua yakni 12 km pertama sebagai Adventure Trip, dan 9 km sisanya sebagai Family Trip.

12 km memiliki sifat pull and down dimana di awal trip bersifat datar, di tengah trip banyak jeram-jeram yang menantang, dan menjelang finish kembali datar. Total ada sekitar 20-an jeram yang akan memacu adrenalin Anda. River Guide di perahu biasanya akan menjelaskan nama-nama jeram yang dilalui beserta sejarahnya. Ada Jeram S, Jeram Kopi, dan terakhir ada Jeram Kerinduan 🙂

9 km sesudah Finish 12 km bersifat lebih datar. Ini cocok untuk family maupun pemula. Tapi jangan salah juga, pada saat debit air besar, 9 km ini pun berubah status dari Family Trip menjadi Adventure Trip karena besarnya arus air.

Mengapa Memilih Sungai Citatih?
Ada beberapa alasan kenapa Sungai Citatih menjadi favorit para pecinta arung jeram / rafting. Padahal notabene orang lebih mengenal Sungai Citarik ketimbang. Di antaranya adalah:

1. Memiliki lebar dan kedalaman yang lebih lebar dan lebih dalam semisal Sungai Citarik
Karena lebih dalam dan lebih lebar inilah Sungai Citatih dapat diarungi sepanjang tahun. Baik dalam musim penghujan maupun musim kemarau. Saat musim penghujan, daya tampung yang banyak sehingga sungai tetap dapat diarungi. Meskipun saat kondisi air terlalu besar, 12 km terlalu berbahaya untuk diarungi. Biasanya akan dialihkan ke trip 9 km. Sebaliknya, saat musim kemarau, Sungai Citatih tetap masih ada airnya kok. Meski membuat perjalanan menjadi sedikit lebih lama dan jumlah orang di perahu tidak bisa sebanyak biasanya.

Setiap perahu dalam keadaan normal akan diisi 4-5 orang. Dalam keadaan air besar, bisa diisi bahkan hingga 6 orang. Namun dalam keadaan air surut, biasanya maksimal adalah 4 orang. Postur tubuh juga menjadi pertimbanan jumlah orang per-perahunya.

2. Adanya PLTA di daerah Ubrug
PLTA ini membuat debit air relatif lebih terkontrol. Besarnya aliran air cenderung lebih stabil karena penggunaan PLTA ini.

3. Dapat ditempuh dengan bus besar
Bagi Anda yang ingin kesana dalam rombongan yang menggunakan bus besar, tentu akan sangat merepotkan jika aksesnya tidak dapat dilalui bus besar. Karena meski berganti bus kecil atau angkutan kota (angkot) carteran. Ini biasanya akan menyebabkan penambahan biaya.

4. Pertimbangan Harga
Jika dicompare dengan sungai tetangganya yakni Sungai Citarik, harga track 9 km dan 12 km di Sungai Citatih sedikit lebih murah. Lumayan sebagai pengurang biaya. Apalagi jika jumlah pesertanya banyak.

Rafting Citatih

oOo

:: PRICE LIST ::

Harga Rafting Sungai Citatih

#Citatih River

Incoming search terms:

  • citatih sukabumi
  • arung jeram citarik
  • rafting citatih
  • citatih
  • rafting sukabumi
  • arung jeram citatih
  • sungai citatih
  • Rafting Cicatih Kecamatan Sukabumi
  • rafting citatih sukabumi
  • Rafting Cicatih Kecamatan Sukabumi Jawa Barat