Meriahnya Gerhana Matahari Total di Indonesia

IMG_20160314_052506

Pada 9 Maret 2016 lalu, Indonesia termasuk salah satu wilayah yang dilewati oleh gerhana matahari total. Gerhana matahari total ini bisa disaksikan di 12 provinsi di Indonesia bagian barat sampai timur. Gerhana matahari total dapat dilihat dengan jelas di kota Palembang, Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Ternate, dan Halmahera.

IMG_20160316_165912Peristiwa gerhana matahari total di tahun 2016 menjadi peristiwa langka sekaligus istimewa mengingat terakhir kali gerhana matahari total melewati area Indonesia 24 Oktober 1995 atau 21 tahun yang lalu. Jadi jelas ini merupakan kesempatan langka bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati gerhana matahari total. Meskipun hanya sebagian Indonesia yang menikmati gerhana matahari total, namun seluruh daerah lainnya di Indonesia menikmati gerhana matahari sebagian.

Menurut pantauan, daerah-daerah yang sudah diprediksi dapat menikmati gerhana matahari total mengalami peningkatan dalam jumlah wisatawan. Banyak orang berbondong-bondong pergi ke beberapa tempat yang sudah diprediksi tersebut. Terbukti dengan habisnya tiket tujuan beberapa tempat yang dilewati gerhana matahari total. Selain tiket, penginapanpun diserbu oleh wisatawan yang ingin melihat secara langsung ataupun mengabadikan dengan peralatan foto mereka.

IMG_20160316_170216Kehebohan yang sangat terlihat nyata terdapat di Palembang. Terpantau dari atas, seluruh sudut di Jembatan Ampera dipenuhi oleh lautan manusia yang ingin menyaksikan gerhana matahari total. Tapi sangat disayangkan peristiwa tersebut terganggu asap yang berasal dari pabrik PUSRI. Beberapa wisatawan mengabadikan pergerakan awan dan asap dari pabrik PUSRI dengan teknik timelapse. Teknik timelapse yaitu teknik fotografi untuk mengabadikan proses yang panjang dalam video singkat durasi puluhan detik dengan melakukan shoot objek dengan interval waktu yang konstan.

Gerhana matahari total membuat waktu pagi yang seharusnya terang menjadi gelap layaknya malam. Perubahan tersebut hanya terjadi sekitar kurang lebih 2 menit saja. Meskipun hanya 2 menit, sudah dapat membuat kagum semua masyarakat yang menyaksikan fenomena alam yang langka tersebut.

Beberapa masyarakat sudah menyiapkan berbagai peralatan yang mendukung untuk menyaksikan gerhana matahari total. Tidak dapat dipungkiri kreativitas masyarakat Indonesia tak terkalahkan. Ketika kacamata gerhana sold out dimana-mana, masyarakat tidak menyerah, ada yang menggunakan klise film dan hasil rontgen. Gunanya agar tidak menatap matahari secara langsung yang dilarang karena dapat menyebabkan mata rusak.

IMG_20160314_052647Bagi yang tidak bisa melihat secara langsung gerhana matahari total, beberapa stasiun TV melakukan liputan secara langsung sehingga seluruh rakyat Indonesia dapat menyaksikan gerhana matahari total dari berbagai tempat sekaligus. Dari liputan tersebut terdapat banyak reaksi dari masyarakat yang menyaksikan secara langsung. Ada yang bertepuk tangan, dan ada yang menyebut nama Tuhan sebagai tanda syukur. Diperkirakan gerhana matahari total akan menghampiri Indonesia pada tahun 2023. Semoga kita semua panjang umur dan dapat menyaksikan kembali gerhana matahari total. Aamiin.

Sumber gambar : Instagram dengan hastag #GMT2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *