Lakukan 10 Hal Ini Setiap Melakukan Perjalanan

Angkutan
1. Pakai Angkutan Umum
Menaiki angkutan umum di setiap daerah adalah salah satu cara terbaik untuk merasakan secara penuh lingkungan kota. Kadang traveler tidak ingin repot naik turun angkutan menuju tujuan wisata. Tapi coba rasakan naik angkutan umum, interaksi dengan penduduk sekitar tidak akan didapatkan jika kamu menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan travel. Pastikan kamu jangan lupa dengan trayek angkutan yang kamu naiki. Tetap bawa peta, dan jaga barang bawaan kamu tetap dalam pengawasan.

Souvenier
2. Beli Oleh-Oleh Darimanapun
Suatu negara yang memiliki daerah wisata andalan pasti memiliki toko oleh-oleh yang menjual pernak-pernik khas. Ups, boleh saja sih, tapi sesekali coba beli oleh-oleh bukan dari toko oleh-oleh. Masuk pasar sendiri, dan dapatkan sesuatu yang unik. Dijamin, barang itu akan kamu hargai sampai kapanpun.

photographers-wordpress
3. Dokumentasikan dengan Detail
Buat catatan dan ambil foto dengan detail. Bukan hanya saat-saat penting, tapi catat dan foto hal-hal dari yang kurang menarik sampai yang menarik. Baiknya kamu berkolaborasi dengan teman seperjalanan agar semuanya terekam lebih detail. Oh ya, jangan langsung ingin meng-upload ke social media manapun ya, itu akan mengurangi detail perjalanan karena kamu akan menghabiskan waktu dengan gadget dan memeriksa atau membalas komentar. Lakukan hal tersebut jika sudah di hotel saja.

rumah-makan-jogya-cogreg2
4. Makan di Tempat yang Direkomendasikan
Jangan hanya mau makan di tempat bintang 5. Makanan bintang 5 dapat kamu temukan di semua hotel di belahan dunia manapun. Tapi makanan yang khas dan otentik hanya dapat kamu temukan hanya dengan menjelajahi negara atau daerah tersebut. Makanlah dengan penduduk dan minta mereka merekomendasikan makanan khas dan enak yang patut kamu coba. Berpetualanglah sendiri tanpa melihat rekomendasi dari google. Pasti lebih beragam.

5. Jangan Lewatkan Tempat Sekitar
Jika kamu memiliki tempat tujuan wisata dan sudah menyusunnya rapih sesuai itinerary, itu bagus. Coba luangkan waktu dimana kamu berada di suatu titik, lalu jelajahi sekitar yang terdekat. Jangan hanya berpatokan dengan tempat wisata populer. Banyak hal-hal lokal yang sayang sekali untuk dilewatkan meskipun itu bukan tempat wisata populer.

tourist-travel
6. Pelajari Bahasa
Sebelum melakukan perjalanan, pelajari frasa penting. Dan yang paling penting, pelajari sedikit percakapan di bandara, karena itu tempat pertama yang akan menentukan kamu akan ke tempat tujuan atau tidak. Kalau tidak sempat mengikuti kursus bahasa, bawa saja kamus saku dan jangan malu bertanya. Penduduk sekitar akan mengajarkan dan menghargai usahamu untuk berbicara dengan bahasa negaranya.

7. Jelajahi Tetanggamu
Habiskan sepanjang harimu dengan tidak ada rencana alias tidak berdasarkan itinerary yang sudah dibuat. Jelajahi sekitar hotel atau tempat-tempat unik yang kamu temui di sekitar. Pergilah dengan berjalan kaki atau menyewa sepeda. Kelebihannya kamu bisa berhenti sesukamu. Jangan menetapkan batas waktu agar kamu dapat merasakan menjadi orang lokal dari pagi sampai malam.

alun-alun-kidul-jogja-3
8. Menyatu dengan Malam
Malam di kota baru selalu menarik. Percayalah, banyak jajanan yang hanya buka pada malam hari, kafe-kafe dengan lilin, sampai coffeeshop. Hiburan jalanan sangat hidup pada malam hari. Jangan lewatkan kehidupan malam dikota tujuan kita, akan banyak kejutan yang menarik dan menarik untuk didokumentasikan.

9. Tersesatlah!
Jaman modern seperti ini, kita tidak terlepas dari GPS. Sudah tidak terlalu penting bertanya kepada orang sekitar karena adanya GPS. Sesekali tinggalkan GPS, dan tersesatlah dengan aman.

3371901_20150721054812
10. Tantang Dirimu Sendiri
Makan sesuatu yang baru. Cobalah sesuatu yang membuat kamu takut. Dorong diri sendiri untuk keluar dari zona nyaman kamu. Perjalanan akan lebih mengesankan, memberikan pelajaran dan dapat mengubah karakter menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *