Kawah Ijen sendiri berada di atas ketinggian 2368 mdpl dan terletak di Perbatasan Kabupaten Bondowoso & Banyuwangi, sekaligus juga bagian dari Gunung Ijen dengan suhu udah yang bisa mencapai 0 derajar celcius. Betapa dinginnya suhu di sana. Namun, suhu perut kawah ijen sendiri ternyata sungguh panas hingga dapat meleburkan apapun yang jatuh ke dalamnya karena disebabkan kandungan gas asamnya yang begitu tinggi.

Jika Anda ingin mendapatkan pemandangan kawah terbaik, sebaiknya berangkat mendaki dari jam 4 subuh dengan perkiraan sampai di atas pada pukul 06.00 – 07.00 WIB. Pada jam- jam inilah merupakan sesi terbaik dari Kawah Ijen.

Diatas merupakan salah satu wujud penampakan dari salah satu keajaiban unik yang dihasilkan oleh ‘Wisata Kawah Ijen”. Sebut saja itu adalah “Api Biru”, dimana Api Biru sendiri hanya dapat ditemui di bagian kawah ijen. Api Biru ini sendiri berasal dari cairan belerang yang mengering dan dijadikan sebagai bahan tambang yang nantinya di olah oleh warga setempat. Keunikan Api biru ini sendiri hanya dapat disaksikan saat suasana masih gelap.

Referensi : Kaskus


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.